Kamis, 15 April 2010

IMPIAN

OLEH: ALIP SUGIANTO*)

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia” begitulah soundtrack Nidji dalam lagunya laskar pelangi. lagu yang penuh dengan filosofi karena para pemimpi praktislah yang menjadikan orang-orang yang berhasil membuat dunia bergerak maju. Sejak awal zaman banyak contoh yang dapat dibuktikan dengan awal sebuah mimpi untuk merealisasikan harapan.

Karena impian kaum mudalah bangsa kita bisa merdeka, harapan mereka terhadap datangnya sesuatu yang lebih baik, adalah sesuatu yang membuat bangsa kita berhasil melewati cobaan dari penjajahan, ketika keadaan sedang tertekan. Ketika itu para kaum pemuda mendesak agar memproklamsaikan kemerdekaan Impian para pemuda agar terbebas dari penjajahan yang disertai usaha nyata menjadikan sebuah mimpi menjadi kenyataan. Karena impian tanpa disertai tindakan nyata akan berakhir dengan khayalan belaka. Banyak para tokoh besar berangkat dari impian dan diwujudkan dalam bentuk kerja keras dan kerja cerdas.

Seperti halnya, Columbus ia berhasil Karena impiannya ingin membuktikan bahwa bumi itu bulat dengan keyakinan dan keinginan kuat untuk membuktikan dengan mengarungi samudra atlantik untuk membuatnya menjadi nyata. Meminjam istilah Bung Karno ”gantungkanlah cita citamu setinggi langit” merupakan cermin kekuatan mimpi. Karena kedasyatan mimpilah sebuah pesawat terbang di temukan beratus ratus tahun sebelum orang berhasil menciptakan pesawat terbang.

Da Vinci bermimpi tentang penerbangan umat manusia. Ia merancang model-model pesawat terbang, namun pesawat terbang baru bisa mengudara pertama kali setelah dua bersaudara Wright memimpikan untuk menambahkan baling-baling pada pesawat dan inilah yang memulai abad perjalanan umat manusia pertamakali, dan karena impian Martin Luther King pulalah rakyat Amerika terbebas dari diskriminasi rasial, dengan pidato-pidatonya yang memukau yang memberikan inspiratif, yang salah satu kata -katanya yang terkenal iyalah ” I have a dream sehingga rakyat Amerika bisa hidup di sebuah negeri di mana mereka tidak akan dinilai dari warna kulit. Ready susanto (2006:189) dan banyak penemuan besar dalam dunia seni, sastra, ilmu dan berbagai penemuan, awalnya juga merupakan sebuah impian dari jiwa yang punya kehendak kuat untuk merealisasikan dalam kehidupan.

Menurut Andrie wongso mimpi adalah langkah awal sukses dalam meraih cita-cita, menurutnya pola pikir dan keyakinan adalah kekuatan di belakang sistem sukses yang ada dalam diri kita. Apapun yang kita bayangkan (impikan) dan kita yakini terus menerus dalam benak kita, pada akhirnya akan terwujud dalam kenyataan.

Dari contoh diatas menunjukan bahwa mimpi mempunyai kekuatan yang dahsyat dalam kehidupan, mari kita hargai setiap mimpi dan jika anda seorang pemimpi, jangan berhenti bermimpi. Karena setiap impian yang bisa membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk dihuni, dan konon kata orang bijak, orang tanpa mimpi berarti mati lebih dini sebelum mati sesungguhnya. Lakukan apapun yang diperlukan untuk membuat impian semacam ini menjadi nyata. Jadikan mimpi langkah awal menaklukkan dunia seperti soundtrack Nidji ”mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia”.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites